Siapkan 18 kloter CJH Pemprov Lampung, Pemerintah Provinsi (Pemprov) asal Lampung siap untuk memberangkatkan jamaah calon haji sebanyak 18 kloter, kini sedang dalam mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan Embarkasi Haji Antara Provinsi Lampung untuk memberangkatkan jamaah calon haji (calhaj) tahun 2017. Menurut estimasi untuk tahun ini, jamaah calhaj ada sebanyak 7.074 orang termasuk dengan petugas haji.

Siapkan 18 kloter CJH Pemprov Lampung

Dalam rapat yang dilaksanakan untuk persiapan pelaksanaan embarkasi debarkasi haji antara tahun 2017 di Pemprov Lampung, Siapkan 18 kloter CJH Pemprov Lampung. Asisten Bidan Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Heri Suliyanto menuturkan, bahwa saat ini sudah membentuk panitia pelaksanaan ibadah haji (PPIH). 

PPIH yang sudah dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor G/236/B.03/HK/2017 pada tanggal 5 Mei 2017 tentang Penunjukan Petugas Haji Daerah Provinsi Lampung. Selain itu, terdapat juga Surat Keputusan Gubernur Nomor G/250/B.03/HK/2017m pada tanggal 5 Mei 2017 tentang Penunjukan Petugas Haji Daerah Provinsi Lampung dan kabupaten/kota seluruh Provinsi Lampung Tahun 2017. Siapkan 18 kloter CJH Pemprov Lampung.

"Pemprov Lampung juga telah  melakukan langkah-langkah yang diambil agar dapat penyesuaian anggaran  berkaitan dengan penambahan kuota jamaah,” terang Heri.

Dengan adanya Penyesuaian anggaran tersebut, kata dia, berupaya untuk mengirimkan surat permintaan estimasi harga kepada maskapai penerbangan dan juga angkutan darat. Selain itu dengan cara mengirimkan surat ke Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung tentang estimasi jumlah jamaah haji Provinsi Lampung yang berhak untuk melakukan pelunaan pembayaran dan nilai Subsidi Biaya Penyelenggaraan Haji Daerah atau ongkos transit daerah (OTD).

Ia menerangkan, berdasarkan dengan Keputusan Menteri Agama tentang penetapan kuota haji Tahun 1438 H/ 2017 M, sudah ditetapkan bahwa untuk Provinsi Lampung mendapat kuota jamaah haji sebesar 7.074 orang,  dengan rincian jelas sejumlah 7.020 jamaah dan 54 orang TPHD. 

"Diestimasikan jumlah kloter tahun 2017 ada sebanyak 18 kloter dengan satu kloter yang didampingi oleh lima petugas kloter,”jelasnya. Sedangkan untuk jumlah total jumlah petugas kloter ada sebanyak 90 orang. Sehingga banyaknya jumlah jamaah haji Provinsi Lampung tahun 2017 ada 7.164 orang.

Menurut dia, dalam rapat persiapan embarkasi dan debarkasi haji (penuh) tahun 2018 akan terus dilanjutkan pada 15 Mei 2017 mendatang di Ruang Pusiban yang nantinya akan dihadiri oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama.