Calhaj Palu akan terbang perdana, Kementerian Agama (kemenag) telah menetapkan bahwa kuota calon jamaah haji asal Kota Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, yang rencana akan berangkat melaksanakan ibadah haji ke Makkah pada 2017 ini, sedangkan untuk Arab Saudi, pada 2017 ini ada sebanyak 720 orang. Dengan jumlah tersebut sudah meningkat dibanding tahun 2016 yang hanya ada 500 orang saja. Pada 3 Agustus 2017 Ini Calhaj Kota Palu akan terbang perdana.

Calhaj Palu Akan Terbang Perdana

"Calhaj Palu akan terbang perdana, pada musim haji tahun ini untuk Calon jamaah haji Kota Palu ada sejumlah 720 orang, ditambah dengan tim pendamping haji daerah, petugas kloter dan beserta dengan pembimbing kloternya, maka total rombongan kita ada sekitar 766 orang," papar Kepala Seksi Haji Kantor Kemenag Kota Palu yakni Abd Munim A Godal di Palu.

Dia memparkan, bahwa jumlah kuota tersebut sudah termasuk kuota tambahan dari calon jamaah haji lanjut usia (lansia) yang berjumlah tujuh orang. Sedangkan adanya penambahan kuota berasal dari lansia berdasarkan usulan Kantor Kemenag Kota Palu kepada pemerintah pusat melalui dengan Kementerian Agama Republik Indonesia. Calhaj Palu akan terbang perdana pada 3 Agustus 2017.

Kantor Kemenag Kota Palu pun megusulkan, bahwa sudah ada sekitar 46 nama lansia, namun yang disetujui oleh pemerintah pusat hanya beberapa saja dan berdasarkan dari hasil verifikasi yakni hanya tujuh orang. "Keputusan tersebut langsung dari pusat. Oleh sebab itu, tidak ada intervensi kami di daerah khususnya di wilayah Kota Palu. Dan dipastikan sebanyak 720 calon jamaah haji ini akan diberangkatkan," terangnya.

Untuk dapat mempersiapkan segala sesuatunya, tutur Munim, calon jamaah haji untuk Kota Palu akan kembali melakukan manasik haji pada 19 Juli 2017 dengan dua kali pertemuan yang dilakukan di Asrama Haji Transit Palu. Manasik yang dilakukan itu berguna untuk memberikan pemahaman pelaksanaan ibadah haji kepada jamaah.

"Kami sudah memilih melaksanakan manasik ini seminggu sebelum pemberangkatan, supaya apa yang telah disampaikan saat pengarahan itu masih terserap dengan baik untuk memudahkan mereka dalam melakukan ibadah," tuturnya.

Telah dijadwalkan bahwa calon jamaah haji Kota Palu akan berangkat pada 3 Agustus 2017 di gelombang pertama bersama dengan sejumlah daerah dari provinsi lain. Sedangkan, untuk Kota Palu sendiri mendapat porsi empat kelompok terbang (kloter), dengan jumlah per satu kelompok terbang ada sekitar 400 orang.

Dengan jumlah tersebut, menurut dia, semakin bertambah karena pemerintah telah menyediakan pesawat yang berukuran besar sebagai alat transportasi udara dengan kapasitas penumpang lebih dari 300 orang. "Dengan menggunakan pesawat boeing yang berukuran lebih besar, maka kelompok terbang semakin diperkecil untuk mengefektifkan pemberangkatan," jelasnya.