Jamaah haji kloter pertama, Para Jamaah Haji Kloter Pertama dari Jakarta Barat sudah mulai berdatangan ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sejak pagi ini. Melihat kondisi Jalan Raya Pondok Gede pun tampak dipadati oleh rombongan jamaah haji yang menggunakan mobil. Tampak jelas pantauan yang terlihat di belakang mobil-mobil jamaah haji tersebut tampak ditandai dengan kertas yang bertuliskan rombongan haji kloter satu Jakarta Barat. Pada mobil rombongan tersebut berangsur-angsur melewati sepanjang Jalan Raya Pondok Gede mulai dari lampu merah Taman Mini Square hingga ke Asrama Haji Pondok Gede.

Jamaah Haji Kloter Pertama Padati Jalan Raya

Petugas kepolisian dan juga petugas dari Dishub Jakarta yang berada di lampu merah Taman Mini Square, tampak sedang mengatur lalu lintas. Namun, kemacetan pun tidak dapat dihindarkan karena dipadati oleh jamaah haji kloter pertama yang menunju ke Asrama Haji Pondok Gede.

Dari Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kawnil Kemenag DKI yakni Sadirin menuturkan bahwa embarkasi Jakarta Pondok Gede sudah siap untuk memberangkatkan jamaah haji kloter pertama dari Jakarta Barat. Ada sebanyak 393 jamaah haji yang dari Jakarta Barat tersebut. Setelah itu, nantinya mereka akan ditampung dulu di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada hari ini.

Kemudian, mengenai segala persiapan pemberangkatan kloter satu kami sudah rapatkan, baik di emberkasi maupun di pusat. Dengan keyakinan besar, Insyaallah kloter satu dari Jakarta Barat, ini yang mereka akan masuk Kamis pagi ini, kata Sadirin.

Menurut Sadirin Lanjutnya, terdapat sejumlah ratusan jamaah haji tersebut akan menginap dulu selama satu malam di Asrama Haji Pondok Gede karena untuk melakukan segala persiapan pemberangkatan. Setelah jamaah beristirahat di penginapan, pihaknya akan membangunkan jamaah haji pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Kumudian, usai itu Menteri Agama yakni Lukman Hakim Saifuddin turut hadir untuk melepas para jamaah secara simbolis dalam upacara besok, pada hari Jum’at 27 Juli 2017. Waktu upacara akan dilaksanakan pada pukul 03.00 dini hari hingga pukul 06.00 WIB. Setelah itu, jamaah haji akan menuju ke Bandara Halim Perdana Kusuma untuk diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah.