Mulai manasik pekan depan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung terus mematangkan segala persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Kakanwil Kemenag Lampung yakni Suhaili menerangkan, bahwa persiapan yang dilakukan hingga saat ini adalah penjadwalan manasik yang akan dimulai pada Senin (3/7). “Iya, mulai pada pekan depan ini sudah manasik di kabupaten/kota masing-masing. Tetapi, untuk rincian lebih jelasnya lagi saya lupa,” terangnya.

Mulai Manasik Pekan Depan Akan Berlangsung

Dia juga mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji (CJH) yang sudah dipastikan akan berangkat menunaikan ibadah haji agar ikut serta dalam kegiatan manasik, karena mulai manasik pekan depan. Sebab, ada beberapa hal dalam teknis yang perlu diketahui dan disosialisasikan kepada seluruh CJH.

“Siapa tahu dengan mengikuti manasik ini nantinya ada informasi-informasi baru yang disampaikan mengenai haji, terutama tata cara ibadah haji beserta bacaan atau do’a yang harus dilakukan sesuai dengan syari’at agama. Sehingga nantinya ketika CJH sudah sampai disana tidak bingung lagi pada saat pelaksanaan haji, mulai manasik pekan depan akan berlangsung,” jelasnya.

Adapun kesiapan lainnya yaitu mengenai soal visa. Pada saat ini, urusan paspor seluruh CJH asal Lampung sudah dikolektifkan dan dikumpulkan di Kemenag RI untuk segera di proses visa hajinya. “Seluruh paspor yang terkumpul telah kami kirim ke pusat. Entah kapan selesainya, yang pasti itu kan merupakan proses. Nanti jika sudah selesai pasti ada informasi, baru akan kami sampaikan,” paparnya.

Mengenai soal penyusunan nama-nama CJH ke dalam kelompok terbang (kloter), Suhali mengatakan belum bisa menyebutkan karena masih menunggu petunjuk teknis dari pusat. Di mana, pada saat ini juga masih menunggu penyusunan dan pembagian TPIH dan TPHI terlebih dahulu.

“Kalau untuk jadwalnya setelah Lebaran ini. Mungkin pada saat mulai masuk kerja nanti mungkin akan ada informasi baru,” paparnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh CJH agar mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya. Karena, pelaksanaan haji pada tahun ini masih dalam musim panas.

“Iya benar, masih musim panas. Bisa sampai 48-50 derajat. Siapkan diri terutama fisik, perbanyak olahraga, dan banyak minum air putih,” anjurannya.