Nama lain kota Madinah, Kota Madinah adalah kota suci kedua bagi umat Islam setelah kota Makkah Al-Mukarromah. Di kota Madinah inilah Rasulullah SAW berhasil dalam membangun masyarakat Islam pertama yang sangat maju sekali. Dan dari kota ini juga Islam memancarkan cahayanya sehingga dikenal oleh banyak umat manusia di seluruh penjuru dunia. sebagai kota yang memiliki peran yang sangat penting selama dalam perjalanan Islam.

Nama Lain Kota Madinah Yang Jarang Muslim Ketahui

Dalam sejarah kota Madinah merupakan kota Islam pertama. Selain itu, Madinah juga sebagai tempat hijrah Rasulullah dengan para sahabatnya, tempat beliau berjuang untuk umat Islam hingga beliau wafat di kota tersebut dan dari sana juga beliau kelak akan dibangkitkan kembali. Banyak nama lain kota Madinah yang masih jarang diketahui.

Kota Madinah dan nama lain kota Madinah jarang muslim ketahui, karena memiliki banyak nama yang menunjukkan kedudukannya yang tinggi. Para sejarawan melakukan penelurusuran nama-nama tersebut. Sebagian dari mereka ada yang menemukan hingga 100 nama. Namun nama-nama yang disebutkan itu dalam berbagai atsar yang shahih hanya ada enam nama saja, nama lain kota Madinah sebagai berikut:

1.Yatsrib
Yatsrib adalah nama lain dari kota Madinah pada saat zaman jahiliyah. Yatsrib nama pertama dan tertua untuk nama kota Madinah. Nama yang berasal dari nama salah seorang keturunan Nabi Isa AS, yang mengembara dari daerah Babilonia, Irak dan kemudian tinggal di daerah itu. Dengan bermukimnya Yatsrib dan keturunannya nama kota itu disebut Yatsrib. Setelah Rasulullah telah hijrah, beliau menggantinya dan menghimbau kepada kaum muslimin agar tidak menggunakan nama tersebut setelah Islam. Karena nama Yatsrib memiliki makna yang kurang baik, yaitu memaki atau kotor.

2.Al-Madinah
Al-Madinah atau Al-Madinah Al-Munawwaroh yang artinya kota yang bercahaya. Namun, ini merupakan nama yang termahsur dan terkenal hingga saat ini setelah hijrah Nabi.  Dalam beberapa hadits Nabi. Allah SWT berfirman “Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar, mereka tudak turut menyertai Rasulullah dalam berperang.” (QS. At-Taubah: 120).

3.Thabah
Dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Rasulullah bersabda “Sesungguhnya Allah SWT menanamkan Madinah dengan kata “Thabah”.

4.Thaibah
Adapun nama lainnya yang terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdur Razzaq, yaitu “Ia adalah Thaibah, ia adalah Thaibah, ia adalah Thaibah.”

5.Ad Daar

6.Al Iman
Kedua nama Ad Daar dan Al Iman terdapat dalam Al-Qur’an, yaitu “Dan orang-orang yang telah menempati kota Ad Daar dan Al Iman di kota Madinah”. (QS. Al Hasyr: 8).

Meski begitu, adapun nama lainnya pada kota Madinah ini, para sejarawan memperolehnya dari sifat-ifat kota Madinah dan peristiwa besar yang terjadi di dalamnya, diantaranya adalah Al Mahbubah, Al Qaasimah, Darul Abrar, Darul Hijrah, Darus Salam, Darul Mukhtarah, As Shaalihah, Al Fath, Darul Musthafa, Dzatul Harar, Al Marhumah, Al Khairah, Asy Syafi’ah, Al Mubarakah, Al Mu’minah, Al Marzuqah dan Al Munawwarah (bercahaya). Informasi berikut ini adalah haji plus non kuota  |  haji plus non kuota 2021