Tips nyaman dan aman, Jamaah haji dari asal Indonesia secara bertahap pada kembali ke Tanah Air dimulai sejak 6 September lalu. Sampai masuk hari kesebelas, total jamaah haji sudah 178 kloter dengan 2.470 jamaah dan petugas kloter yang sudah kembali ke Indonesia. Proses pemulangan dengan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah ini akan berlangsung hingga 20 September yang akan datang. Sementara pemulangan jamaah pada gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah akan terus berlangsung dari 20 September hingga 5 Oktober 2017 medatang.

Tips Nyaman dan Aman Dalam Pesawat Menuju Tanah Air

Jamaah haji asal Indonesia diterbangkan dengan menggunaan dua maskapai, yaitu Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Perjalanan dari Saudi menuju Indonesia yang ditempuh sekitar sembilan jam, dengan durasi perjalanan yang cukup panjang dan begitu melelahkan. Untuk atasi itu ada tips nyaman dan aman dalam pesawat.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan oleh jamaah saat berada di pesawat? Penanggung Jawab Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dr Nirwan membagikan tips nyaman dan aman untuk jamaah haji saat berada dalam pesawat, diantaranya sebagai berikut :

1.Pada saat akan take off minta permen kepada pramugari dan kunyah agar mulut tetap terbuka pada waktu perubahan tekanan udara menuju ketinggian. Perbedaan tekanan dengan udara tertutup bagi sebagian orang dapat menyebabkan rasa sakit pada gendang telinga

2.Carilah posisi duduk dengan senyaman mungkin. Bawalah barang bawaan dengan secukupnya saja ke kabin pesawat.

3.Usahakan selalu lakukan gerakan ringan tiap 2 jam duduk, agar tubuh tidak kaku dan guna menghindari resiko DVT (Deep Vein Trombosis) terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah vena akibat lepasnya bekuan-bekuan dinding pembuluh darah.

4.Jangan lakukan menahan buang air kecil atau pipis selama dalam penerbangan. Minta tolong kepada teman untuk memberi tahu bagaimana cara memakai toilet di pesawat jika tidak tahu. 

5.Disiplin makan setiap jadwal makan yang memang telah disediakan oleh pihak maskapai. Makanan yang diberikan oleh pramugari, agar langsung dimakan dan dihabiskan saat itu juga,  jangan ditunda-tunda dan tidak dihabiskan.

6.Gunakan waktu sebaik mungkin tidur secara cukup dan cermat. Jangan berlebihan karena akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh.

7.Hindari minuman yang mengandung kafein, cukup dengan mengkonsumsi air putih, jus buah, dan makanan secukupnya selama masih berada di pesawat. Karena minuman berkafein dikhawatirkan dapat meningkatkan rasa cemas. 

8.Gunakan selalu sabuk pengaman selama berada di dalam pesawat, baik dalam keadaan duduk maupun tidur. Dapatkan informasi penting tentang promo umroh  /   promo umroh 2021  /  promo umroh 2022

9.Jangan lupa untuk selalu berdoa meminta keselamatan semua dan ikuti semua arahan awak kabin pesawat.