Fasilitas haji, Asosiasi Penyelenggara Haji, Umrah dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) mengharapkan, agar pemerintah dapat menyiapkan infrastruktur dan fasilitas yang lebih baik lagi untuk penyelenggaraan haji di tahun yang akan datang. Hal ini harus dilakukan untuk dapat mengantasipasi banyaknya jamaah haji risiko tinggi (risti) dan lansia. Ketua Umum Asphurindo yakni Syam Resfiadi mengatakan, bahwa banyaknya jumlah jamaah haji yang meninggal pada tahun ini disebabkan karena masih kurangnya antisipasi dengan mempersiapkan fasilitas dan intfrastruktur untuk jamaah haji yang risti.

Fasilitas Haji Masih Harus Ditingkatkan

Fasilitas haji yang tersedia memang belum sampai ke antisipasi akan kejadian ini. untuk pelaksanaan haji tahun depan, kita akan usahakan sebaik-bainya guna mengantisipasi agar penyebab-penyebabnya itu dapat diminimalisasikan,” terangnya.

Syam menuturkan, bahwa penyebab banyaknya jamaah haji risti serta banyaknya jamaah haji yang wafat itu disebabkan oleh kuota haji yang diprioritaskan. Kurangnya fasilitas haji yang tersedia. Selain itu, kondisi cuaca yang sangat panas saat musim haji kemarin di Arab Saudi, sebab memasuki musim panas di bulan Juni dan Juli. Sehingga, semakin banyaknya jamaah risti yang akhirnya bermasalah.

Untuk penyelenggaraan haji pada tahun depan, tutur Syam, cuaca di Arab Saudi diperkirakan akan semakin panas. Karenanya, dia berharap kepada pemerintah agar dapat mengantisipasi hal itu. Adapun beberapa saran yang perlu disiapkan sebaik-baiknya seperti ambulans, tenda serta pendingin ruangan (AC) yang jumlahnya dilebihkan saat di Arafah dan Mina.

“Pada intinya adalah siapkan infrastruktur sebaik-baiknya, jangan sampai kekurangan ambulans, AC yang dilebihkan saat di Arafah dan Mina. Lalu, siapkan kendaraan khusus bagi risti,” ungkapnya.

Dalam penyelenggaraan haji pada musim haji tahun ini, telah tercatat jumlah jamaah haji yang meninggal itu ada sebanyak 658 orang. Dengan jumlah sebesar itu meningkat hampir 90 persen dibandingkan musim haji pada tahun sebelumnya. Dapatkan fasilitas prima alhijaz indowisata tour travel | pt alhijaz indowisata