Jamaah masih dirawat, Tiga jamaah haji Indonesia yang sempat dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) telah diantar oleh petugas haji ke Tanah Air. Mereka telah terbang tadi malam, 17 Oktober 2017 pada pukul 18.30 waktu Arab Saudi (WAS) atau 22. 30 WIB dengan menggunakan penerbangan Saudia Airlines. Dengan demikian, jamaah haji yang masih menjalankan perawatan di RSAS tersisa 37 jamaah. Kepastian keberangkatan ketiga jamaah haji ini disampaikan oleh Staff Teknis I Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah yakni Ahmad Dumyathi Basori. Dimana ketiga jamaah haji tersebut adalah Kasiyanto bin Wiro (SUB 75), Nurbuna binti Munali (SUB 54) dan Suatim binti Marsait (SUB 41).

Jamaah Haji Indonesia Yang Masih Dirawat di RSAS

Lanjut dia, Persiapan pemulangan mereka telah siap. Medical Information Form (MEDIF) yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan sekaligus menjadi salah satu syarat kelayakan terbang sudah keluar. Selain itu, tiket kepulangan jamaah ke Tanah air juga sudah siap. Masih ada 37 jamaah masih dirawat di RSAS.

Sebelumnya, sudah ada enam jamaah haji yang telah di antar pulang oleh petugas ke Tanah Air takni Juminah binti Wiro Dimerjo (JKG 06), Masenin bin Melih Sarip (JKG 17), Sayad bin Sarjad (BDJ 16), Marsinah Karmat Sarmin binti Karmat (SOC 94), Siti Rahmah binti H Abdullah Ludwi (LOP 09) dan Madar Asngari Abu Kasan (SOC 04). Sejumlah Jamaah masih dirawat di RSAS.

Sementara itu, sembilan jamaah yang dirawat di RSAS diinformasikan bahwa mereka telah wafat di Arab Saudi. kesembilan jamaah tersebut menyusul empat jamaah lainnya yang juga telah wafat di Arab Saudi. demikian total jamaah haji yang wafat pasca operasional haji menjadi 13 jamaah.

Sebelumnya, telah diinformasikan bahwa ada 60 jamaah haji Indonesia yang dirawat di RSAS pasca berakhirnya operasional haji 1438 Hijiriyah/2017 Masehi. Ada sebanyak 13 jamaah diantaranya wafat di Arab Saudi, sementara itu Sembilan jamaah di antar pulang ke Indonesia. Jadi, masih ada sebanyak 37 jamaah haji yang hingga kini masih menjalani perawatan DI RSAS.

Menurut Dumyathi bahwa ada dua jamaah haji lagi yang sudah keluar MEDIF nya dan saat ini masih sedang menunggu tiket dan persiapan pulang. Jika seluruhnya telah siap, kedua jamaah ini rencananya akan di antar pulang pada hari Rabu ini. “Kalau seluruhnya telah siap, kedua jamaah tersebut juga akan segera kami proses kepulangannya ke Tanah air, “paparnya.

“Masih sesuai dengan arahan dari Konjen dan Dubes, semaksimal mungkin kami akan melayani jamaah haji yang masih dirawat dan akan dipulangkan dengan sebaik mungkin, layaknya seperti keluarga sendiri,” ujarnya.

Dumyathi memberikan apresiasi kepada manajemen Garuda Indonesia dan Saudia Airlines yang responsif dalam menyediakan kursi seat untuk proses pemulangan jamaah sakit pasca operasional, baik dalam kondisi berbaring maupun menggunakan kursi roda.

Berikut di bawah ini merupakan nama-nama 13 jamaah haji yang wafat di RSAS pasca berakhirnya operasional haji tahun 2017:

1.Moh. Muhtar Abdullah (SUB 04) wafat Sabtu, 07 Oktober di RSAS King Abdullah
2.Mahmuddin Sholeh Sapii (JKS 67) wafat Sabtu, 07 Oktober di RSAS Anshar Madinah
3.Lasto Alias Suyoto bin Basri (MES 22) wafat Rabu, 11 Oktober di RSAS King Fahd
4.Taman bin Matusak (BTH 25) wafat Rabu, 11 Oktober di RSAS King Fahd Madinah
5.M. Kaswandi Ikhsan (JKG 56) wafat Kamis, 12 Oktober di RSAS King Faishal Syisyah Makkah
6.Abdul Jalil HS bin Hasan (PLM 18) wafat Kamis, 12 Oktober di RSAS Al Anshar
7.Mami binti Losiman (SUB 73) wafat Kamis, 12 Oktober di RSAS King Fahd
8.Kusnan bin Mustam Umar (SUB 01) wafat Sabtu, 14 Oktober di RSAS An Noor Madinah
9.Surya bin Rasmin (SOC 51) wafat Minggu, 15 Oktober di RSAS Al Anshar
10.Adi Kurniawan bin Husni (PLM 14) wafat Senin, 16 Oktober di RSAS Al Anshar
11.Mainap binti Abdul Roni (PLM 16) wafat Selasa, 17 Oktober di RSAS King Fahd
12.Bakri Satti (UPG 01) wafat  Selasa, 17 Oktober di RSAS King Abdullah
13.Sainyah binti Said Dulwahab (SOC 53) wafat Kamis, 12 Oktober di RSAS King Fahd


Baca juga :> daftar umroh akhir ramadhandaftar umroh akhir ramadhan 2021