Forum Diskusi Kelompok, Pada saat ini Kementerian Agama sedang melakukan pembahasan dengan berbagai macam usulan dalam persiapan pelaksanaan haji 2018 nanti. Forum Diskusi Kelompok (FGD) merupakan salah satu kegiatan untuk dapat menampung segala usulan yang ada dalam pelaksanaan haji 2018 agar pelaksanaan haji dan umrah kedepannya terus membaik. Dimana kegiatan ini dibuka oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah yakni Nizar dan dihadiri juga oleh beberapa pemangku kebijakan haji di Kementerian Agama (Kemenag) serta pemerhati masalah haji yang dulu pernah menjabat sebagai dirjen haji di Kemenag.

Forum Diskusi Kelompok Tampung Usulan Haji 2018

Nizar pun berharap dengan adanya forum diskusi kelompok seperti ini dapat menghasilkan saran yang berharga dan pastinya bermanfaat untuk pelaksanaan haji yang akan datang. “Kami juga sangat bersyukur sekali melihat indeks kepuasan jamaah terjadi peningkatan yang cukup memuaskan, minimal kita telah berusaha mencapai 85 point,” jelasnya.

Selain adanya masalah di waiting list jamaah haji, adapun masalah di infrastruktur haji yang juga merupakan bagian yang sangat penting. Usulan Kemenag Indonesia untuk melakukan pembangunan tenda tingkat di Mina sudah selama tiga tahun terakhir ini tak kunjung dipenuhi hingga saat ini. Melihat pengalaman pelaksanaan haji yang dilaksanakan pada beberapa bulan yang lalu. Dimana jumlah tenda dengan jumlah jamaah yang tidak berbanding, dalam tenda terasa panas, dan masih banyak lainnya. hal itupun didiskusikan dalam forum diskusi kelompok.

“Untuk pelaksanaan haji di tahun 2018 nanti kamu akan terus melakukan upaya agar usulan dalam penyediaan tenda di Mina dapat ditingkatkan, Jamarat yang saat ini saja bisa tiga tingkat, kenapa untuk memperluas Mina dengan tingkat pula tidak bisa,” ungkapnya.

Sehingga , tidak perlu adanya Mina Jadid lagi, yang sekarang ini sebagian dari jamaah Indonesia juga masih berada disana. Selain masalah-masalah yang tadi, ada satu lagi yang harus diperhatikan yakni masalah transportasi.

Ketika adanya pergerakan jamaah mulai dari Muzdalifah ke Mina di tahun 2017 ini, Arab Saudi telah menerapkan pembatasan aturan baru. Bus-bus yang mengangkut seluruh jamaah dibatasi hanya sejumlah lima hingga tujuh bus saja tiap maktab. Penyedian bus masih tidak sesuai dengan jumlah jamaah yang tidak sedikit. dapatkan informasi detail umroh ramadhan murah | umroh ramadhan murah 2018