Jumlah jamaah haji, Setiap umat muslim diseluruh dunia pastinya memiliki cita-cita yang sama yakni dapat menunaikan rukun Islam yang ke-5. Dapat dilihat buktinya, jumlah peziarah internasional yang akan menunaikan ibadah haji pada musim haj tahun ini menjadi jumlah yang terbanyak dalam sepanjang sejarah. Menurut dari Kementerian Haji dan Umroh, jumlah seluruh jamaah haji pada tahun ini akan mencapai 1,6 juta orang. Dengan jumlah tersebut terjadi peningkatan sekitar 264 ribu jamaah dari tahun lalu. Pada musim haji tahun ini, memang dari Saudi telah menambah kuota sekitar 20 persen dari total peziarah tahun lalu karena proyek ekspansi mathaf Ka'bah dan Masjidil Haram telah selesai. 

Tahun Ini Jumlah Jamaah Haji Terbesar dalam Sejarah

Selain itu juga, otoritas Penjaga Dua Masjid Suci juga telah memotong kuota jamaah domestik sebesar 50 persen. Sejauh ini, jumlah jamaah haji sudah mencapai satu juta peziarah yang memadati Makkah dan Madinah. Lalu masih ada sisanya yang akan terus berdatangan sebelum akhir Agustus.

Menurut data yang telah diperoleh terakhir pada Kamis kemarin, sudah ada sekitar 916.562 jamaah yang telah tiba di Saudi. Jumlah ini sudah meningkat menjadi 22 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Menurut dari laporan statistik Direktorat Jenderal Passport, 878.567 sudah tiba dengan jalur udara. Pada tahun ini merupakan jumlah jamaah haji terbesar dalam sejarah.

Sementara 35.023 tiba dengan melalui jalur darat dan 2.972 jalur perairan. Ada sekitar 607.715 peziarah yang masih berada di Madinah untuk mengunjungi Masjid Nabawi sebelum akhirnya berangkat ke Makkah. Untuk menanggulangi terjadinya kepadatan, Menteri Agama (menag) dan Pemandu Jamaah yakni Sheikh Saleh Al-Asheikh telah meluncurkan program untuk mengedukasi jamaah.

Dimana pada program tersebut akan mendistribusikan jutaan publikasi, buku, CD, film hingga media massa dengan menggunakan 32 bahasa. "Sudah ada sekitar 100 saluran satelit yang juga akan meluncurkan program edukasi bagi para jamaah selama musim haji pada tahun ini," jelas dia. Program tersebut merupakan sebuah program yang dapat memberikan pelayanan terbaru untuk memastikan kelancaraan ibadah haji pada tahun 2017 ini. baca juga travel umroh  /   travel umroh 2018  /  travel umroh 2019