Penyelenggaraan haji, Pada fase pemulangan jamaah haji ke Tanah Air tahun ini baru akan berakhir pada hari Kamis, 5 Oktober 2017. Dari komisi VIII DPR RI memberikan penilaian bahwa dalam penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini sudah semakin membaik. Ketua Komisi VIII DPR RI yakni Ali Taher Parasong menuturkan, bahwa dalam perjalanan ke tanah suci pada tahun ini sudah semakin lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya. Mulai dari persiapan saat masih di tanah air hingga saat kepulangan jamaah ke tanah air kembali.

Penyelenggaraan Haji Sudah Semakin Baik

Penyelenggaraan haji tahun ini sudah semakin membaik. Namun, masih ada beberapa catatan pekerjaan yang harus di evaluasi dan masih perlu ditingkatkan dan diperbaiki lagi,” ungkapnya.

Adapun dalam penyelenggaraan haji pada tahun ini masih ada catatan yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki lagi yakni mengenai soal akomodasi, konsumsi dan kesehatan. Ali menerangkan, jumlah tenaga kesehatan dengan jamaah haji masih jauh dari ideal. Untuk tenaga kesehatan masih harus menangani sekitar lebih dari 40 jamaah. Untuk tenda arafah, ia juga menilai masih harus diperbaiki karena belum memadai segalanya.

Apalagi pada pelaksanaan haji tahun ini sudah bertambahnya jumlah jamaah haji ke kuota normal yakni sebanyak 211 ribu jamaah dan dapat tambahan 10 ribu menjadi 221 ribu jamaah. Hal ini membuat jamaah berdesakan.

Sementara itu, berdasarkan dari data Kementerian Agama (kemenag), fase pemulangan jamaah haji Indonesia gelombang kedua dengan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah tinggal dua hari lagi. Untuk kloter 10 Embarkasi Lombok (LOP 10) merupakan rombongan terakhir yang diberatkan pada hari Kamis, 5 Oktober 2017.

Merilis dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat bahwa sampai pada hari ini, Rabu 4 Oktober 2017, total jumlah jamaah yang wafat seluruhnya berjumlah 644 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 10 jamaah yang wafat di Jeddah, 462 wafat saat berada di Makkah, 83 wafat saat di Madinah, 21 wafat saat masih berada di Arafah dan 68 jemaah haji yang wafat di Mina. Sedangkan, sebanyak 25 orang dari jumlah yang wafat adalah jamaah haji khusus. Penyelengggara resmi travel umrohtravel umroh 2020 | travel umroh 2021 terpercaya.